SKENARIO
PERBAIKAN
Tujuan perbaikan : Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan pada anak
kelompok
A melalui media
Wayang Huruf di TK ABA Tlogo Prambanan.
Hari/tanggal :
Selasa .1 September 2019
Hal diperbaiki/ditingkatkan:
A. Kegiatan
pengembangan I ( Pembukaan)
Ø Judul
kegiatan tanya jawab tentang huruf yang ada di wayang
huruf
Ø Pengelolaan
kelas:
Penataan ruang:
1. Penataan
ruang secara klasikal anak duduk di
tempat duduk maing-masing.
2. Pengorganisasian
anak : Posisi anak duduk menghadap
kedepan atau kearah guru.
Ø Langkah-langkah
perbaikan:
1. Guru memegang salah satu wayang huruf.
2. Guru menanyakan ke anak wayang huruf
yang di pegangnya.
3. Guru meminta anak meyebutkan wayang huruf secara
bersama-sama.
4. Guru mengganti wayang huruf satu persatu hingga wayang
huruf habis .
B. Kegiatan
Pegembangan (II) Inti
Ø Judul
kegiatan : Menjiplak huruf diatas wayang huruf kosong
Ø Pengeloaan kelas
1. Penataan
ruang secara klasikal anak duduk di
tempat duduk maing-masing.
2. Pengorganisasian
anak : Posisi anak duduk menghadap
kedepan atau kearah guru.
Ø Langkah-langkah
perbaikan:
1. Guru
meyiapkan huruf-huruf dan wayang kosong yang akan digunakan.
2. Guru
menjelaskan cara menjiplak huruf pada wayang huruf.
3. Guru
membagikan huruf-huruf dan wayang huruf
kosong pada anak.
4. Guru
meminta anak untuk menjiplak huruf yang telah dibagikan di atas wayang huruf
kosong.
C. Kegiatan
pengembangan III ( Penutup)
Ø Judul
kegitan : Menyebutkan wayang huruf yang
dijiplaknya
Ø Pengelolaan
kelas :
1. Penataan
ruang secara klasikal anak duduk di
tempat duduk masing-masing.
2. Pengorganisasian
anak : Posisi anak duduk menghadap
kedepan atau kearah guru.
Ø Langkah-langkah
pebaikan:
1. Guru
meminta anak yang dipangilnya untuk berdiri
2. Guru
meminta anak untuk meyebutkan huruf yang
telah dijiplaknya
3. Guru
meminta anak meyebutkan wayang huruf yang telah dijiplaknya
secara bersama-sama
.
SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan perbaikan : Meningkatkan kemampuan keaksaraan anak pada
kelompok
A melalui media wayang Huruf di TK ABA Tlogo Prambanan
Hari/tanggal :
Rabu, 2 September 2019
Hal diperbaiki/ditingkatkan:
A. Kegiatan
pengembangan I (Pembukaan)
Ø Judul
kegiatan : Menyanyi bersama lagu
a,i,u,e,o
Ø Pengelolaan
kelas :
Penataan ruang :
1. Penataan
ruang secara klasikal anak duduk di
tempat duduk maing-masing.
2. Pengorganisasian
anak : Posisi anak duduk menghadap
kedepan atau kearah guru.
Ø Langkah-langkah
perbaikan :
1. Guru
mengucap syair lagu
a, i, u, o ,secara utuh.
2. Guru
mengucapkan syair lagu a, i, u, e, o,
baris demi baris.
3. Guru
meminta anak mengucapkan syair
lagu a, i, u, e, o,didahului guru.
4. Guru
mengucapkan syair lagu
a, i, u, e, o, bait
demi bait.
5. Guru
meminta anak mengikuti bait
demi bait,
6. Guru
mengajak anakmenyanyi bersama .
B. Kegiatan
pengembangan II (Inti)
Ø Judul
kegiatan : Bermain tebak huruf dengan wayang huruf
Ø Pengelolaan
kelas :
1. Penataan
ruang : kegiatan dilaksanakan pada ruangan kosong
2. Pengorganisasian
anak : Posisi anak duduk membuat lingkrana
Ø Langkah-lamgkah
kegiatan :
1. Guru
meyiapkan alat peraga wayang huruf yang akan digunakan.
2. Guru
menjelaskan cara bermain tebak wayang huruf
3. Guru
memperlihatkan wayang huruf
4. Guru meminta anak secara bergantian menebak wayang huruf yang dipegang guru
C. Kegiatan
Pengembangan III (Penutup)
Ø Judul
Kegiatan : Menyebutkan huruf awal
pada wayang gambar yang dipegang guru
Ø Pengelolaan
kelas : Posisi meja anak seperti biasa
Ø Pengorganisasian
: Posisi anak duduk di kursi masing-masing
Ø Langkah-langkah
:
1. Guru
meminta anak duduk dengan tenang
2. Guru
bertanya kepada anak tentang huruf-huruf yang diketahuinya.
3. Guru
memegang wayang gambar dan meyebutkannya huruf awalnya.
4. Guru
meminta anak meyebutkan wayang gambar yang telah diucapkan
guru.
5. Guru
member reward bagi anak yang menjawab dengan benar.
SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan perbaikan : Meningkatkan kemampuan keaksaraan anak pada
kelompok
A melalui media wayang Huruf di TK ABA Tlogo Prambanan
Hari/tanggal :
Kamis, 3 September 2019
Hal diperbaiki/ditingkatkan:
- Kegiatan Pengembangan I ( Pembukaan )
Ø Judul Kegiatan : Menyebut wayang huruf sesuai perintah
secara individual
Ø Pengelolaan Kelas :
Penataan ruang :
1.
Penataan ruang secara klasikal duduk ditempat kursi
masing-masing.
2.
Pengorganisasian
anak : Posisi anak duduk pada tempat masing-masing.
Ø Langkah-langkah Perbaikan :
1.
Guru meminta anak
memperhatikan guru
2.
Guru
menyebutkan wayang huruf
3.
Guru meminta anak
untuk menirukan wayangb huruf yang
didengarnya.
4.
Guru meminta anak
satu persatu menyebut wayang huruf yang didengarnya
5.
Guru mengajak anak
menirukan wayang huruf yang benar secara bersamaan.
- Kegiatan Pengembangan II ( Inti)
Ø Judul Kegiatan : Bermain raja dan ratu dengan wayang
huruf
Ø Pengelolaan kelas
1.
Penataan ruang : Kegiatan dilakukan pada ruang yang kosong
3.
Pengorganisasian
anak : Posisi anak dan guru duduk
membentuk lingkaran .
Ø Langkah-langkah Perbaikan ;
1.
Guru mempersiapkan
wayang huruf dengan gambar yang akan
digunakan.
2.
Guru menjelaskan
cara bermain raja dan ratu dengan wayang huruf.
3.
Guru meminta
anak anak membuat lingkaran kemudian
satu anak mengambil wayang huruf dan meyebutkan wayang huruf tersebut .
Misalnya: Aku Raja “A” Andi, Ali dst.
4.
Anak yang duduk
disebelahnya menyebutkan kembali wayang huruf yang telah didengarnya dengan
anak sebelumnya. Misalnya Aku Ratu”A” Ani, Ana dst
- Kegiatan Pegembangan III ( Penutup)
Ø Judul Kegiatan : Menyebutkan wayang huruf yang menjadi
raja dan ratu
Ø Pengelolaan Kelas.
1.
Penataan ruang secara klasikal duduk ditempat kursi
masing-masing.
2.
Pengorganisasian
anak : Posisi anak duduk pada tempat masing-masing.
Ø Langkah-langkah Perbaikan :
1.
Guru meminta anak
meyebutkan wayang huruf yang menjadi
raja guru.
2.
Guru meminta anak
menyebutkan wayang huruf yang
menjadi Ratu
3.
Guru meminta
anak bersamaan menyebutkan wayang
huruf yang menjadi raja dan ratu
4.
Guru menunjuk satu
persatu anak untuk menyebutkan wayang huruf yang menjadi raja dan ratu
5.
Guru memberi reward
bagi anak yang dapat meyebutkan wayang huruf dengan benar.
SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan perbaikan : Meningkatkan kemampuan keaksaraan anak pada
kelompok
A melalui media wayang Huruf di TK ABA Tlogo Prambanan
Hari/tanggal : Jumat, 4 September 2019
Hal yang
diperbaiki/ditingkatkan:
- Kegiatan Pengembangan I ( Pembukaan)
Ø Judul Kegiatan : Membuat huruf depan nama anak pada
wayang huruf.
Ø Pengelolaan Kelas :
Penataan ruang :
1.
Penataan ruang
secara klasikal anak duduk pada
masing-masing kursi .
2.
Pengorganisasian
anak ; Posisi anak duduk pada kursi dan meja masing-masing.
Ø Langkah-langkah perbaikan :
1.
Guru menerangkan
cara membuat huruf depan nama anak.
2.
Guru membagikan
wayang huruf kosong pada anak.
3.
Guru menanyakan ke
masing-masing anak namanya dan menyebutkan huruf depannya.
4.
Guru memerintahkan
anak menulis huruf depan pada wayang huruf kosong.
- Kegiatan Pengembangan II ( Inti)
Ø Judul Kegiatan : Menirukan Kembali 3-4 urutan huruf ‘
Permainan Huruf Berantai dengan wayang huruf”
Ø Pengelolaan Kelas:
1.
Penataan ruang
terdapat ruangan kosong dan tyerdapat 2 kursi.
2.
Penorganisasian
anak : anak-anak duduk dikursi yang berlawanan arah.
Ø Langkah-langkah Pengembangan:
1.
Guru memperkenalkan
permainan huruf berantai dengan wayang
huruf yang akan dimainkan anak.
2.
Guru menugaskan 2
orang anak yang duduk di kursi mengamati huruf
pada wayang huruf dengan posisi berlawanan arah.
3.
Guru memberi contoh
cara bermain huruf bertantai dengan wayang huruf.
4.
Guru memerintahkan
dua orang anak duduk berlawanan arah ,satu anak menebutkan 1 huruf pada wayang huruf ,anak yang lain mengulangi
huruf yang telah didengar .
5.
Guru menugaskan
anak bermain secara bergantiandan secara berpasangan.
- Kegiatan Pengembangan III ( Penutup)
Ø Judul Kegiatan : Menghubungkan gamabr dengan lambang
wayang huruf.
Ø Pengelolaan Kelas:
1.
Penataan ruang
klasikal anak duduk pada kursi masing-masing.
2.
Pengorganisasian :
anak-anak duduk pada kursi dan meja masing-masing
Ø Langkah Perbaikan:
1.
Guru meminta anak
duduk dengan tenang.
2.
Guru mengambil satu
wayang gambar dan satu wayang huruf sesuai dengan huruf awal pada wayang
gambar.
3.
Guru meminta anak
menyebutkan huruf awal pada wayang gambar.
4.
Guru menaruh wayang
gambar didepan kelas.
5.
Guru meminta anak
maju untuk memilih wayang huruf yang sesuai dengan huruf depan wayang gambar.
6.
Guru meminta anak
meletakan wayang huruf pada wayang
gambar.
SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan perbaikan : Meningkatkan kemampuan keaksaraan anak pada
kelompok
A melalui media wayang Huruf di TK ABA Tlogo Prambanan
Hari/tanggal :
Sabtu, 5 September 2019.
Hal
yang diperbaiki/ditingkatkan:
A.
Kegiatan
Pegembangan I (Pembukaan)
Ø Judul Kegiatan : Menunjuk wayang huruf yang berkaitan
dengan gambar.
Ø Pengelolaan kelas :
Penataan Ruang :
1.
Penataan ruang
dilakukan pada area kosong untuk membentuk lingkaran
2.
Pengorganisasian
anak : Posisi anak membentuk setengah lingkaran dengan posisi duduk.
Ø Langkah-langkah perbaikan :
1.
Guru menata wayang
huruf pada lantai
2.
Guru menjelaskan
cara mencari wayang huruf yang sesuai gambar.
3.
Guru meminta anak
mengucapkan wayang huruf pada wayang huruf secara bersama
4.
Guru mengambil
salah satu wayang gambar kemudian meminta anak menunjuk huruf pada wayang huruf
.
B.
Kegiatan
Pengembangan II ( Inti)
Ø Judul Kegiatan : Membuat berbagai macam coretan” Memberi
nama gambar pada wayang huruf”
Ø Pengelolaan kelas :
1.
Penataan ruang :
sama seperti kegiatan pembukaan,
ditempat area kosong.
2.
Pengorganisasian :
anak-anak dan guru duduk membentuk setengah lingkaran.
Ø Langkah-langkah perbaikan :
1.
Guru menyiapkan
wayang gambar dan wayang huruf yang akan digunakan.
2.
Guru menjelaskan
cara memberi nama pada wayang gambar.
3.
Guru meminta
anak mengambil wayang huruf sesuai
dengan huruf depan wayang gambar.
4.
Guru meminta anak
memasangkan wayang huruf pada wayang gambar.
5.
Guru memberi reward pada anak yang mampu memasangkan secara benar.
C.
Kegiatan
Pegembangan III ( Penutup)
Ø Judul Kegiatan : Membaca gambar yang telah diberi nama
dengan wayang huruf.
Ø Pengelolaan kelas
1.
Penataan ruang :
sama dengan kegiatan pembukaan, terdapat area kosong.
2.
Pengorganisasian :
anak-anak dan gruru duduk membentuk lingkaran.
Ø Langkah-langkah :
1.
Guru meminta anak
memperhatikan wayang gambar yang telah di beri nama.
2.
Guru memberi contoh
cara membaca wayang gambar yang ditelah diberi nama.
3.
Guru meminta anak
membaca bersama-sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar