MODUL 9
Merangkai
dan Meronce bagi Anak Usia Dini
Kegiatan belajar 1 :
A.
Prinsip Merangkai dan Meronce
bagi Anak Usia Dini
1.
Merangkai adalah menyusun,
menata, menumpuk, menyejajarkan, menyusun benda-benda atau pernik tnpa atau pun
menggunakan tekhnik ikatan.
2.
Meronce adalah menata dengan
bantuan mengikat komponen dengan utas tau tali.
3.
Meronce dengan ikatan atau
simpul tali ( Mekrame ) Adalah seni tradisional jepang dengan membuat untaian
,tlian, dan rangkaian dari tali serta pernik atau benda lain.
4.
Meronce dengan ikatan gaya
Anyam ( Anyaman ) Membuat untaian atau taliandan rangkaian tetapi tidak di
matikan.
B.
Aspek merangkai dan Meronce
1.
Aspek Tujuan dan Fungsi
pembuatan
Dilihat dari konsep nya :
a.
Permainan
b.
Kreasi dan komposisi
c.
Gubahan atau inovasi
2.
Aspek Keindahan : aspek
keindahan terletak pada cara menyusun benda-benda sebagai komponen rangkaian
dapat menarik perhatian.
Prinsip penyusunan pada penataan :
a.
Kesatuan : Prinsip penyusunan
yang bertujuan agar susunan tersebut menarik
b.
Keseimbangan dengan
memperhatikan masing masing ukuran,bentuk serta pengikatnya.
c.
Irama , penyusunan yang
memperhatikan ukuran benda
-
a-b-a-b-a-b dst atau
-
a-b-b-b-a yang dapat disusun
berirama adalah warna.
3.
Aspek Kerajinan dan Ketekunan.
Meliputi kemampuan mengamati bentuk berdasarkan kegunaannya,berdasarkan
tujuan penciptaan serta ketelitian menyusun sehingga sesuatu yang tidak di
kehendaki dalam rancangannya tidak muncul.
Kegiatan
belajar 2 :
Medium
Berkarya Merangkai dan Meronce
A. KOMPONEN BENTUK DAN UJUD
Agar susunan tersebut
tahan lama dan relative tidak berubah bentuk rangkaiannya,maka diperlukan
pengikatan atau peekatan sesuai dengan kebutuhan.
2 unsur yang menentukan
keberhasilan penataan ( merangkai dan meronce ): yaitu
a.
Penataan itu sendiri
b.
Komponen yang di tata
Berdasarkan jenis bentuknya bahan merangkai dapat di
kelompokkan menjadi 2 bagian penting :
1.
Jenis bahan
a.
Bahan alami : Bahan yang langsung di ambil dari alam
b.
Bahan artificial : Bahan buatan, dapat berupa bahan buah
kering, limbah papan kayu, atau yang lain ang diperoleh melalui percetaan atau
pengecoran.
c.
Bagaimana dengan tugas yang
harus diberikan kepada anak ?
Harus di sesuaikan dengan kondisi antara lain :
1)
Menyusun bangku dan meja kursi
2)
Menyusun kembali beberapa
mainan di kelas
3)
Meyusun peralatan sekolah di
meja nya masing masing
4)
Merangkai dan menata ruangan
yang di isi dengan pot, benda hias serta yang lain yang ada di ruangan kelas.
2.
Bentuk bahan
a.
Bentuk beraturan
b.
Bentuk tidak beraturan
B. MEDIA UTAS
Amati gambar karya di
gambar 9.12 di halaman 9.27
Karya tersebut mempunyai
tekhnik pengikatan tidak menggunakan lem tetapi disusupkan dan ditalikan secara
simpul mati maupun simpul hidup.
C. RANGKAIAN PERNIK DAN
MANIK-MANIK
Seperti yang ada di gambar
9.23 di halaman 9.29 menggunakan rumus membuat rangkaian mekrame.
Kegiatan belajar 3 :
Keterampilan
merangkai dan meronce
A. PRINSIP RANGKAIAN DAN
RONCEAN
Syarat merangkai dan
meronce :
(a)
Mengetahui dahulu tujuan
(b)
Komponen dan jenis yang
dibutuhkan
(c)
Karakteristik komponen tersebut
(d)
Adakah komponen yang khas yang
harus diperhatikan secara khusus
(e)
Komponen utama dan penunjang
1.
TUJUAN
Hal hal yang diperhatikan
sebelum merangkai dan meronce adalah :
a.
Tujuan : untuk dihunakan
sebagai apa
b.
Ketersediaan bahan
c.
Prinsip penataan
2.
Karakter
Suatu rangkaian atau
roncean harus mempunyai karakter atau sifat hasil, sifat iniakan menjadi lebih
bermakna dengan kekuatan isinya.
Prinsip rangkaian dan
roncean :
a.
Rangkaian harus menarik
b.
Mempunyai karakter
c.
Kualitas bahan
d.
Mampu memberikan motivasi
e.
Mengembangkan daya nalar
B.
LATIHAN MEMPRAKTIKKAN
Dalam pembelajaran kepada
anak tentang merangkai dan meronce diharapkan dapat dimulai dari :
1. Meneruskan rangkaian atau roncean
2. Menirukan atau mencontoh ( duplikasi )
3. Merancang sendiri dengan bantuan stimulasi dan motovasi
atau langsung.
Langkah pelatihan sebagai
berikut :
1.
Meneruskan rangkaian atau
roncean
Langkah awal jika anak tak mengerti susunan
a.
Tujuan : melatih imajinasi
1)
Melatih hafal atau bentuk
2)
Melatih pengamatan
3)
Melatih perasaan keindahan
b.
Materi/bahan : Bunga
1)
Daun bercabang lima
2)
Buah
3)
Ranting
c.
Alat : piring datar
1)
Prickers atau busa padat (
gabus )
2)
Gunting
3)
pisau
2.
Menirukan atau mencontoh (
duplikasi )
a.
Merangkai buah kering dan biji
pada cobek
Tujuan
a)
Mengenal berbagai macam buah
yang dapat di keringkan tetapi relative masih utuh
b)
Melaatih ketelitian dan
kesabaran
c)
Melatih pengamatan
3.
Merancang sendiri dengan
bantuan stimulasi dan motovasi atau langsung.
Anak diminta membuat keterampilan apa yang dia kenal
Pertanyaan pancingan :
a.
Kalaian merangkai apa saja ?
b.
Untuk apa ?
c.
Mengapa kalian merangkai itu ?
d.
Apakah kalian puas / senang ?
e.
Bahan bahan nya apa saja ?
f.
Teman mu boleh membantu tidak ?
Beberapa pertanyaan diatas mengarah pada ungkapan yang
menunjukkan :
(a)
Kemampuan penglihatan
(b)
Merangsang daya imajinasi
(c)
Menghafal benda yang ada di
lingkungan sekitar dan fungsinya
(d)
Mengeters kepuasan dan rasa
senang serta mampu member argumentasi penataan
(e)
Melatih rasa social dan
kesetiakawanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar