Minggu, 13 November 2016

Lidah putih pada bayi penyebab dan penanganan nya

PERNAHKAH ibu melihat lidah si buah hati berwarna putih? Pada awalnya, warna putih yang biasanya disebut oral thrust tersebut hanya terdapat pada lidah saja. Tapi, lama kelamaan akan menjalar ke selaput lendir di pipi. Warna putih yang terdapat dalam lidah bisa disebabkan oleh dua kemungkinan.
Pertamaakibat endapan susu formula. Inilah salah satu dampaknya jika ibu tidak mau memberikan ASI ekslusif kepada bayinya. Susu formula akan menghasilkan endapan secara berangsur-angsur pada lidah bayi. Sedangkan, ASI tidak akan menghasilkan endapan meskipun diperas dalam botol dan disimpan di freezer.
Keduaakibat terinfeksi jamur. Jenis jamur yang paling sering menjadi penyebabnya adalah Candida Albicans. Normalkah? Hal tersebut memang sering terjadi pada setiap bayi sehingga masih bisa dibilang normal.Candida adalah jamur normal yang terdapat dalam mulut, usus dan genitalia. Tetapi, kadang-kadang Candida menjadi banyak sehingga dapat terlihat dengan jelas dan dapat menganggu proses pemberian ASI.
Lantas bagaimana untuk menghilangkannya?
Jangan hawatir! Ada cara sederhana yang harus dilakukan ibu untuk membersihkan lidah bayi. Yaitu dengan memberikan madu, baik itu dengan madu khusus anak atau madu asli. Caranya mudah sekali, gunakanlah kasa steril kemudian letakkanlah madu pada kasa tersebut. Lalu, usapkanlah pelan-pelan pada lidah si buah hati.
Tapi, jangan sekali-kali menggunakan madu hutan! Karena, madu hutan tidak cocok untuk bayi. Namun, apakah ada alternatif lain selain madu?  Bagi ibu yang tidak punya persediaan madu di rumah, bisa menggunakan air hangat untuk gantinya. Jangan lupa untuk mensterilkan dot bagi bayi yang diberi susu formula, dan rajinlah pula membersihkan puting susu ibu untuk si kecil yang diberi ASI ekslusif. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

KARYA ILMIAH MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING GAMBAR BERPOLA PADA KELOMPOK B DI TK ABA TLOGO PRAMBANAN

KARYA ILMIAH MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGG UNTING GAMBAR BERPOLA PADA KELOMPOK B DI TK ABA TLO...