Jumat, 22 November 2019

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) DENGAN SUDUT PENGAMAN

 

Semester / Minggu      : I/1

Tema /Sub Tema          : Diri Sendiri/Identitas

Kelompok                    : B

KD                              : 1.1,1.2,2.1,2.5,2.8,3.3,4.3,,3.7,4.7,3.11,4.11,3.12,4.12,3.15,4.15

 

SUB TEMA

MUATAN MATERI PEMBELAJARAN

TUJUAN

RENCANA KEGIATAN

Tempat-tempat Rekreasi

kompetensi Dasar :

1.      Mengenal ciptaan Tuhan (NAM 1.1)

2.      Terbiasa menghormti agama lain (NAM 1.2)

3.      Anak selalu menjaga kebersihan diri sendiri (fm 2.1)

4.      Anak berani tampil didepan temannya(Sosem 2.5)

5.      Anak dapat melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain (sosem 2.8)

6.      Anak melatih motorik kasar dalam kelincahan, kelenturan dan koordinasi tubuh (fm 3.3)

7.      Keterampilan motoric halus melatih kelenturan jari tangan (FM 3.3,4.3)

8.      Mengenal hubungan keluarga (kog 3.7)

9.      Mengenal tempat-tempat umum(Kog ,4.7)

10.  Menggunakan buku untuk kegiatan(BHS 3.11,4.11)

11.  Mengenal huruf awal yang sama (bhs 3.12)

12.  Mengenal hubungan bunyi dan huruf (BHS 3.12,4.12)

13.  Membuat berbagai hasil karya seni (Seni 3.15,4.15)

 

BUDAYA

 

 Menghitung jari dengan bahasa jawa

Komptensi Dasar :

1.      Anak dapat mengenal Ciptaan Tuhan.

2.      Anak dapat menghormati sesame agama.

3.      Anak dapat menjaga kebersihan diri sendiri.

4.      Anak dapat berani tampil didepan teman-temannya.

5.      Anak dapat melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain.

6.      Anak dapat melatih motoric kasar dengan linch dan kelenturan koordinasi tubuh.

7.      Anak dapat melatih kekuatan dan meltihkelenturan jari-jari tangan.

8.      Anak dapat mengenal hubungan keluarga

9.      Anak dapat menyebutkan tampat-tempat umum dengan benar..

10.  Anak dapat menggunakan buku dengan benar.

11.  Anak dapat mengenal huruf awal yang sama dengan benar.

12.  Anak dapat mengenal hubungan bunyi dengan huruf .

13.  Anak dapat membuat hasil karya seni dengan kreatif..

 

BUDAYA

1.      Anak dapat menghitung jari dengan bahasa jawa.

 

 

 

 

Hari ke-1 : Macam-macam indentitas

1.      TJ.macam-macam identitas (NAM)

2.      PT.Mengucapkan syair “panca Indera” (Sosem)

3.      PT.Menulis macam-macam panca indera (bhs)

4.      PT.Membuat jari atau telapak tangan dengan plstisin.(FM)

5.      PT.Mengurutkan jari dengan angka 1-10 (kog)

6.      PT.Menggambar jari atau telapak tangan (Seni)

Hari ke-2 : Jenis Kelamin

1.      TJ Tentang jenis kelamin (NAM)

2.      Menyanyi “Aku Bangga”(sosem)

3.      PT.Menggunting gambar laki-laki dan perempuan (fm)

4.      PT.Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya,(kog)

5.      PT.Menghubungkan gambar dengan tulisan (bhs)

6.      PT.Mewarnai gambar orang (Seni)

Hari ke-3 Teman Baruku

1.      Bercerita tentang teman baruku (NAM)

2.      Menyanyi lagu”siapa namamu” (sosem)

3.       PT Mengecap dengan jari (fm)

4.      PT. Memberi angka padagambar sesuai dengan jumlahnya (kog)

5.      PT.Meenyusun huruf menjadi nama orang.(bhs)

6.      PT.Menggambar orang (seni)

Hari ke-4 :Alamat rumah

1.      BCC Alamat rumah (NAM)

2.      PT.Mengucapkan Syair rumahku kecil mungil”” (sosem)

3.      PT.Bermain balok membuat rumah (fm)

4.      PT.Menebalkan tulisan nomor rumah (bhs)

5.      PT.Menulis nomor rumah (kog)

6.      PT.Mencocok gambar rumah (seni)

Hari ke-5 : Agamaku

1.      Bercerita  dengan 2 boneka tentang agamaku.

2.      BCC.Agama yang dianut anak (sosesm)

3.      Melukis dengan kuas gambar tempat ibadah.(seni)

4.      PT.Menghubungkan gambar dengan lambang bilanagan.(kog)

5.      PT.Melingkari sukukata awal yang sama (bhs)

6.      PT.Menempel bentuk geomerti gambar tmpat ibadah fm)

Hari ke-6 Ulang Tahun

1.      BCC.Hari ulang tahun (NAM)

2.      Menyanyi panjang umur (fm)

3.      PT,Membungkus kado (seni)

4.      PT.Mengerjakan maze (kog)

5.      PT.Menggambar kue di beri tulisan di bawahnya (bhs)

6.      PT.Membuat kue dari plstisin (fm)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

KARYA ILMIAH MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING GAMBAR BERPOLA PADA KELOMPOK B DI TK ABA TLOGO PRAMBANAN

KARYA ILMIAH MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGG UNTING GAMBAR BERPOLA PADA KELOMPOK B DI TK ABA TLO...