Minggu, 23 Oktober 2016

estu ertiya menggambar PAUD



1.      Bagaimana anak berekspresi dalam membuat karya seni rupa ?
Jawab :
Karya seni rupa anak merupakan catatan harian anak,berfungsi untuk kegiatan praktis ataupun untuk mengutarakan pendapat. Kegiatan yang dilakukan tidak harus menggambar,kegiatan dapat dilakukan dengan menyusun benda-benda yang ada di ruangan seperti perabot dan partisi serta beberapa tanaman hias. Hal tersebut bertujuan untuk melatih kemampuan mengamati dan menyusun perabot menujutata letak yang indah sesuai dengan keinginan anak.

2.      Anda sebagai seorang guru PAUD bagaimana sebaiknya sikap anda pada kegiatan pembelajaran menggambar atau melukis ?
Jawab :
Pada kegiatan pembelajaran menggambar dan melukis hendaknya seorang guru PAUD memberikan kebebasan kepada anak untuk berekpresi, mengeluarkan pendapatnya melalui gambar atau lukisan yang dibuatnya. Guru hendaknya menyediakan alat-alat yang dibutuhkan anak untuk melukis atau menggambar yang aman bagi anak. Disamping itu guru perlu memperhatikan sikap duduk anak dan cara anak memegang pensil yang benar jangan terlalu banyak memberikan contoh apalagi memegang tangan anak dan menggerakkan pensil sesuai kehendak guru. Biarkan anak mencoba dan berusaha sendiri.

3.      Apa yang dimaksud tipe/gaya realistik dan naturalistik  pada gambar seorang anak
PAUD ?
Jawab :
a.       Gaya Realistik : Anak lebih suka memberi tanda idenya dengan bentuk yang mudah diidentifikasi oleh orang lain. Bentuk-bentuk ini disusun sesuai dengan cerita atau hanya sekedar penyusunan yang sederhana,seperti menyusun bentuk-bentuk. Cara pengungkapan yang lain adalah menambahkan kata atau huruf yang sebenarnya tidak mempunyai arti.
b.      Gaya Naturalistik : Gaya naturalistic cenderung diungkapkan dalam gambar pemandangan yang terdiri dari unsur gunung, langit,sungai,sawah serta rumah. Tipe realistic lebih menonjolkan pengungkapan gambar dan situasi di rumah atau keluarga. Beberapa anak mencoba mengungkapkan gambarnya dengan sedikit menggunakan garis atau kontur.

4.      Bagaimana pendapat anda bila seorang anak dipaksa mewujudkan perintah guru untuk menggambar benda/alam di sekelilingnya, yang tidak sesuai dengan pengalaman anak ?
Jawab :
Ketika anak dipaksa untuk menggambar sesuatu yang tidak sesuai dengan pengalamannya hal tersebut akan mematikan kreativitas anak, anak menjadi pasif dan kurang dapat mengungkapkan pendapat dan idenya ke dalam sebuah gambar atau tulisan.
5.      Mengapa dalam melukis dengan teknik inkonvensional dapat menghasilkan lukisan yang lebih menarik ?
Jawab :
Melukis dengan teknik inkonvensional dapat menghasilkan lukisan yang lebih menarik karena teknik ini  pada dasarnya merupakan cara berkreasi menggunakan peralatan dan teknik yang tidak biasa. Cara kerjanya seperti eksperimentasi (percobaan) dan hasil percobaannya bisa sekaligus menjadi karya seni,namun dapat juga sebagai langkah awal untuk dikembangkan lagi. Cara ini juga sangat disukai oleh anak karena sifat bermainya lebih banyak dan anak dapat menginterpretasi bermacam-macam teknik dan mencoba menggabungkan sendiri.

6.      Apa alasannya seorang guru PAUD harus dapat memilihkan suatu media dan bahan yang sesuai dengan anak dalam menggambar ?
Jawab :
Seorang guru PAUD harus dapat memilihkan media dan bahan yang sesuai dengan anak karena media atau bahan sangat menentukan kelancaran dalam menggambar. Bagi anak-anak  yang tidak menguasai bahan atau medium untuk berkarya seni rupa akan mengalami keterlambatan. Keterlambatan menguasai bahan dan peralatan biasanya mempengaruhi kelancaran mengutarakan pendapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

KARYA ILMIAH MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING GAMBAR BERPOLA PADA KELOMPOK B DI TK ABA TLOGO PRAMBANAN

KARYA ILMIAH MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGG UNTING GAMBAR BERPOLA PADA KELOMPOK B DI TK ABA TLO...