Sabtu, 22 Oktober 2016

Karakteristik gerak berirama pada perkembangan anak usia dini



KETERAMPIlAN MUSIK DAN TARI
MODUL 7
Karakteristik gerak berirama pada
perkembangan anak usia dini



ESTU ERTIYANINGRUM                NIM    : 823982696
DWI UTAMININGSIH                      NIM    : 824004926
ERLIN ERNAWATI                           NIM    : 824004933
YETIK SETYAWATI                                     NIM    : 823982768



PROGRAM S1 PGPAUD MASA REG 2015.2
UPBJJ – UNIVERSITAS TERBUKA YOGYAKARTA
POKJAR SLEMAN 2015

Kegiatan Belajar 1
Gerak Tari pada Anak Usia Dini
Kegiatan tari anak usia dini yang sesuai dengan minat anak, kurang mendapat perhatian karena kemampuan guru  dalam merancang dan mengajarkan seni tari masih terbatas. Sehingga walaupun diajarkan hanya dengan cara menirukan gerak yang di ciptakan oleh guru dan kemungkinan kurang menarik bagi anak tidak di kembangkan.
POLA PERKEMBANGAN TARI ANAK USIA DINI
            Pengembangan tari AUD, terdiri atas ; pola pengembangan gerak, pola pengembangan irama dan pol pengembangan ekspresi. Ketiga pola tersebut tersebut merupakan satu kesatuan tak terpisahkan.
1.      Pola pengembangan gerak
Bersumber pada gerak keseharian anak. Mencakup gerak berjalan, berlari melompat, meloncat , berbaring, berguling guling dan gerak dasar lainnya.
2.      Pola pengembangan Irama.
Irama dan Tari adalah satu, oleh karena pola pengembangan irama sebaiknya tidak hanya tertumpu pada hitungan atau ketukan semata ketika melakukan gerakan, tetapi harus mampu menjadi wahana mengembangkan kecerdasan dalam bidang gerak dan rasa irama AUD.
3.      Pola pengembangan Ekspresi.
Ekspresi merupakan sesuatu yang penting dalam perkembangan dan pertumbuhan AUD.

Kegiatan belajar 2
Gerak pada perkembangan kognitif Anak Usia dini

Gerak tari atau sering di sebut dengan brain gym di pakai istilah dimensi lateralis untuk belahan otak kiri dan kanan,dimensi pemfokuskan bagian belakang otak ( batang otak atau brainstem ) dan bagian depan otak ( frontal lobes), serta dimensi pemusatan untuk system limbis ( midbrain) dan otak besar ( cerebral otak ).
Gerak Pada perkembangan belajar.
Belajar menurut Sadirman di definisikan menjadi 5 pengertian.
1.      Belajar pada hakikat nya menyangkut potensi manusiawi dan kelakuan nya.
2.      Belajar memerlukan proses dan pentahapan serta kematangan diri.
3.      Belajar akan lebih mantap dan efektif bila dorongan motivasi, terutama motivasi dari dalam/ dasar kebutuhan/ kesadaran atau intrinsic motivation.
4.      Dalam banyak hal belajar itu merupakan proses percobaan ( dengan kemungkinan keliru ) dan conditioning atau pembiasan.
5.      Kemampuan belajar seseorang harus di perhitungkan dalam rangka menentukan isi pembelajaran.

Belajar tari memerlukan kecerdasan intelektual karena diperlukan menghafal gerakan serta mensistesiskan dengan irama musik nya, tidak hanya mengubah bentuk perilaku anak dalam menari, tetapi juga kepribadian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

KARYA ILMIAH MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING GAMBAR BERPOLA PADA KELOMPOK B DI TK ABA TLOGO PRAMBANAN

KARYA ILMIAH MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGG UNTING GAMBAR BERPOLA PADA KELOMPOK B DI TK ABA TLO...