Pengertian Kecerdasan Visual-Spasial pada Anak Usia
Dini
A.
Definisi
kecerdasan visual- spasial
Kecerdasan Visual – Spasial di definsikan sebagai
kemampuan memperepsi dunia visual- spasial secara akurat serta
menstransformasikan pesepsi visual – spasial tersebut dalam berbagai bentuk. (
AMstrong,2003)
Untuk
mempermudah pemahaman definisi tersebut di uraikan dalam 3 kunci
1. Mempersepsi
yakni menangkap dan memahami sesuatu melalui panca indra
2. Visual-
Spasial yakni suatu yang terkait dengan kemampuan mata khusus nya warna dan
ruang.
3. Mentransformasikan
yakni mengalih bentukkan hal yang di tangkap mata kedalam wujud lain.
B.
Komponen
kecerdasan visual- Spasial
Komponen inti nya adalah kepekaan pada garis warna
,bentuk, ruang, keseimbangan, bayangan,
harmoni,pola, hubungan antar unsur serta kmapuan membayangkan
mengintresprestasikan ide secara visual dan spasial. Dan mengorientasikan diri
secara tepat.
C.
Sistem
neurologis kecerdasan visual- spasial
Sistem
neurologis kecerdasan visual- spasial terletak di hemisfer kanan bagian belakang
Lobus oksipitalis yang merupakan pusat penglihatan primer meliputi
kemampuan melihat, mengenali bentuk mengenali posisi garis, derajat kemiringan
garis, kemampuan melihat warna,megidentifikasi posisi gerak suatu benda dan
menilas garis atau bentuk lain.
Korteks oksipitalis sel sel yag peka terhadap warna,
peka terhadap garis kemiringan terentu terhadap bentuk. Di olah oleh otak di
dekat telinga ( temporalis ) dan otak
bagian kanan ( frontalis )
Oksipitalis daerah visual –
spasial terdpat pada lobus parietalis kanan. Berfungsi dalam membayangkan
keadaan ruangan di tinjau dari semua sudut. Kemampuan ini di capai pada usia 10
Tahun.
D.
Indikator
kecerdasan visual- spasial
Kemampuan berpikir topologis ( bersifat mengurai
bagian- bagian dari suatu objek ) pada awal masa kanak-kanak memungkinkan
mereka menguasai kerangka piker Euclidean
pada usia 9-10 tahun. Kepekaan artistic akan bertahan hingga usia lanjut.
Individu
yang cerdas secara visual – spasial
1. Lebih
mudah membaca dan menangkap informasi melalui peta, gambar, grafik, diagram
2. Menonjol
dalam seni lukis dan seni kriya
3. Mampu
memberikan gambaran visual yang jelas ketika sedang memikirkan sesuatu.
4. Mampu
menggambar sosok orang atau benda menyerupai asli nya.
5. Senang
melihat film , slide, gambar atau foto.
6. Menikmati
permainan yang membutuhkan ketajaman visual spasial .
7. Sering
melamun dan mengembangkan imajinasi mereka
8. Senang
membuat konstruksi tiga dimensi.
9. Senang
mencorat- coret di kertas atau buku.
10. Lebih
mampu memahami informasi visual dari pada dengan kata – kata.
11. Mampu
merasakan dan menangkap pola pola yang lembut maupun rumit.
( Campbell,dkk.,1996)
E.
Indikator
kecerdasan visual – spasial anak usia dini.
Anak usia 2-6 Tahun menunjukkan sebagian besar
indicator kecerdasan visual – Spasial yang lebih kuat telihat pada anak usia
4-6 Tahun dari pada anak usia 2-4 tahun.
Pada anak usia 2-6 tahun , kecerdasan visual-
spasial terdekteksi melalui indicator sebagai berikut :
1. Anak
menonjol dalam kemampuan menggambar. Mampu menunjukkan detil unsure dari pada anak
sebayanya.
2. Anak
memiliki kepekaan terhadap warna.
3. Anak
suka menjelajah lokasi di sekitarnya dan memperhatikan tata letak benda- benda
di sekitar nya.
4. Anak
menyukai benda benda dua maupun tiga dimensi.
5. Anak
suka melihat- lihat atau memperhatikan buku bergambar.
6. Anak
suka mewarnai berbagai gambar.
7. Anak
menikmati permainan kolase, playdought atau sejenis nya.
8. Anak
memperhatikan berbagai jenis grafik, peta dan diagram.
9. Anak
meikmati foto- foto di album cepat mengenali orang yang ada di foto.
10. Anak
banyak bercerita tentang mimpinya.
11. Anak
tertpada profesi yang terkait dengan penggunaan kecerdasan visual- spasial
secara optimal.
12. Anak
dapat merasakan pola- pola sederhana dan mampu menilai pola mana yang lebih
bagus dari pola lainnya.
Penjelasan
tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan visual –spasial telah muncul pada usia
2-3 tahun. Pada anak usia KB, Hampir semua indicator telah muncul kecuali
kesadaran akan pola dan detil mimpi. Anak usia TK telah memiliki semua
indicator kecerdasan visual – spasial dalam berbagai kadar pncapaian nya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar