KOMPUTER
BAGI ANAK USIA DINI
ABSTRAK
Tujuan permainan
computer pada anak usia dini adalah untuk menstimulasi seluruh aspek-aspek
perkembangan yang meliputi aspek kognitif, nilai agama dan moral, fisik
motorik, bahasa , seni, dan sosial emosional . Pembelajaran terkait komputer
pada anak usia dini dilakukan hanya sebatas pengenalan perangkat komputer .
Penyampaian materinya pun hendaknya menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah
dipahami oleh anak-anak.
I.
PENDAHULUAN
Menurur
UU Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
pada bab 1 ayat 14 disebutkan bahwa Pendidikan anak usia dini adalah suatu
upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang
dilakukan melalui perkembangan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam
memasuki jenjang pendidikan yang lebih lanjut. Usia 4-6 tahun merupakan masa
peka yang sering disebut dengan sebutan golden
age. Pada masa ini anak memiliki rasa ingin tau yang tinggi , anak mulai sensitive dalam merespon segala hal
sebagai upaya mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Anak belajar
banyak hal dari lingkunganya melalui kegiatan bermain. Dalam bermain pula anak
dapat mengembangkan ide dan kreativitas yang dimilikinya. Bermain merupakan
kebutuhan dan sudah menjadi bagian dari dunia anak-anak. Oleh sebab itu dibutuhkan kondisi lingkungan
yang mendukung dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan
dan perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.
Menurut
Glenn Doman dalam bukunya yang berjudul How to Multiply your child’s
Intelligence menyatakan bahwa : Semua bayi dalam perkembangan berikutnya akan
ditentukan pada usia 6 tahun pertama dari kehidupannya.(http://Wahyuti4tklarasati.blog)
Oleh sebab itu pada massa ini sangatlah penting untuk memberikan stimulus atau
rangsangan pendidikan sebagai bekal anak dalam menghadapi jenjang pendidikan
yang lebih lanjut.
Menurut
Benny A. Pribadi, dkk. (2015) menyebutkan bahwa perkembangan teknologi digital
perlu dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk keperluan belajar dan pembelajaran.
Belajar pada hakikatnya adalah usaha untuk mengolah informasi sehingga menjadi
sesuatu yang dapat digunakan dalam situasi baru.
Menurut Ir. Syaiful Ridwan program aplikasi /
perangkat lunak di bidang pendidikan dan hiburan untuk anak berdasarkan tujuan
pembuatannya dikelompokkan menjadi 4 golongan antara lain :
1. Edutainment
(Pendidikan)
2. Games
(Permainan)
3. Infotainment
(Informasi)
4. Interactive
Movie (Hiburan)
II.
PEMBAHASAN
Teknologi
komunikasi mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Di era
digital seperti sekarang ini jarak antara ruang dan waktu menjadi sangat
sempit. Meluasnya produk-produk yang menggunakan teknologi digital telah
menembus semua lapisan masyarakat dan
semua golongan termasuk di dalamnya adalah dunia pendidikan.
Munculnya
internet dengan berbagai macam aplikasi
di media sosial sangat membantu para pendidik dalam menyampaikan materi
pembelajaran yang sesuai dengan tema yang akan disampaikan khususnya mengenai
hal-hal yang berkaitan dengan anak-anak usia dini.
Tujuan
permainan komputer bagi anak usia dini adalah untuk menstimulasi aspek-aspek
perkembangan yang meliputi aspek kognitif,nilai agama dan moral,fisik-motorik,
bahasa,seni, dan social-emosional.
Untuk
mengenalkan teknologi komputer pada anak usia dini seorang guru perlu memiliki
pengetahuan yang baik tentang penggunaan teknologi komputer sebagai sarana
pembelajaran, mengetahui karakteristik anak didiknya, serta mampu memilih
metode pembelajaran dengan tepat.
Pembelajaran
teknologi komputer pada anak usia dini dilakukan hanya sebatas mengenalkan
perangkat komputer sebagai teknologi yang dapat membantu memudahkan pekerjaan
manusia. Dalam hal ini perlu digaris
bawahi bahwa pola pikir anak anak berbeda dengan orang dewasa. Pola pikir
mereka masih sangat sederhana. Oleh karena itu penyampaian materi pembelajaran
khususnya teknologi informasi bagi anak usia dini hendaknya disampaikan dengan
menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak dan dilakukan
dalam suasana yang menyenangkan.
III.
REFERENSI/DAFTAR
PUSTAKA
Benny A. Pribadi,dkk
(2015) Komputer dalam Kegiatan
Pengembangan Anak Usia Dini . Tanerang Selatan.Universitas Terbuka.
Permendikbud No 58 Tahun 2009 tentang
standar pendidikan Anak Usia Dini.
http : //
Mirrorcantik.Wodpress.com/2013/02/09/tugas-i
http : //
Wahyuti4tklarasati.blog
Tidak ada komentar:
Posting Komentar